Translate

Jumat, 31 Mei 2013

STRATEGI PROMOSI JASA BENGKEL MOTOR

Menurut kotler & Amstrong variable-variable yang ada di dalam promotional mix ada lima yaitu : periklanan (advertising), penjualan personal (personal selling), promosi penjualan (sales promotion), hubungan masyarakat (public relation), dan pemasaran langsung (direct marketing). Namun dalam usaha reparasi motor ini akan menggunakan strategi-startegi sebagai berikut :
a.    Periklanan (advertising)
    setiap usaha memerlukan strategi promosi untuk mengenalkan usaha yang dibuat, dalam strategi ini menggunakan media periklanan, yaitu mempromosikan dengan menggunakan media radio, advertising     (media reklame), dan median jejaring social berupa situs blog.
b.    Promosi penjualan (sales promotion)
    Pada promosi penjualan ini kami mempromosikan jasa bengkel dengan harga yang sedikit menurun (harga miring) dibanding dengan harga yang standart, ini kami buka dengan cara membuka hari tertentu untuk mempromosikan atau even tertentu. Akan tetapi untuk mendapatkan harga miring ini harus memenuhi syarat tertentu, yaitu dengan membeli produk yang kami jual, contohnya oli, spare part dll.
c.    Hubungan Masyarakat (public relation)
    Untuk membangun hubungan yang baik dan mengedepankan citra perusahaan terhadap masyarakat sekitar, kami memberikan fasilitas kepada masyarakat berupa tempat perkumpulan atau pos jaga untuk     masyarakat, dan kami memberikan bantuan dana untuk keperluan masyarakat sekitar, seperti bantuan dana pada pembangunan masjid, perbaikan jalan dll, ini guna untuk mensejahterakan masyarakat terhadap pencitraan dan pendukungan usaha yang kami miliki.
d.    Pemasaran Langsung (direct marketing)
    Untuk direct marketing ini kami membuka layanan delivery, yaitu dengan membuka pesanan spare part dalam bentuk penjualan besar melalui media telepon, online maupun pesan secara langsung, dan     mengantarkan penjualan sesuai pesanan.

1 komentar: