Translate

Jumat, 31 Mei 2013

STRATEGI PENETAPAN HARGA BENGKEL MOTOR

Penetapan harga merupakan salah satu keputusan penting bagi pelaku usaha. Basu Swastha (1197 : 147) mengemukakan bahwa harga suatu barang atau jasa merupakan penentu bagi permintaan pasarnya. Sehubungan dengan hal ini menurut Fandy (2000 : 151) menyatakan : ”Dari sudut konsumen, harga seringkali digunakan sebagai indikator nilai bilamana harga tersebut dihubungkan dengan manfaat yang dirasakan atas suatu barang atau jasa.
Nilai sebagai rasio antara manfaat yang dirasakan terhadap harga. Untuk produk yang berguna bagi pelanggan dan mengantisipasi daya beli pelanggan, maka perusahaan membuat kemasan, ukuran dan jenis-jenis produk beranekaragam.”
1.    Tujuan Penetapan Harga
Tujuan penetapan harga berdasarkan pandangan Andrian payne (2000:173) meliputi :
a.    Kelangsungan hidup, dalam kondisi pasar yang merugikan, tujuan penetapan harga mungkin mencakup tingkat profitabilitas yang diinginkan untuk memastikan kelangsungan hidup.
b.    Memaksimalkan keuntungan, penetapan harga untuk memastikan maksimalisasi profitabilitas dalam periode tertentu. Periode yang ditentukan akan dihubungkan dengan daur hidup jasa.
c.     Maksimalisasi penjualan, penetapan harga untuk membangun pangsa pasar. Ini mungkin melibatkan penjualan dengan merugi pada awalnya dalam upaya merebut pangsa pasar yang tinggi.
d.    Gensi (prestise), sebuah perusahaan jasa mungkin berharap untuk menggunakan penerapan harga guna menempatklan diri secara eksklusif. Restoran mahal dan concorade adalah contohnya
2.    Metode Penetapan Harga
a.    Metode Penetapan Harga Berbasis Permintaan
•    Skimming Pricing
    Metode ini dapat digunakan ketika muncul produk baru atau produk yang susah ditemukan pada toko-toko lain. Dengan munculnya produk baru atau produk yang jarang ditemukan, usaha bengkel ini dapat menaikan harga yang tinggi. Akan tetapi dengan metode ini tidak dapat berlangsung lama dan tidak efektif dalam penjualan spare part dan lainya, ini dikarenakan tidak banyak konsumen yang membeli barang yang harga tinggi. strategi ini baru bisa berjalan baik jika konsumen tidak sensitive terhadap harga, tetapi lebih menekankan pertimbangan-pertimbangan kualitas, inovasi, dan kemampuan produk tersebut dalam memuaskan kebutuhan.
•    Price lining Pricing
    Strategi ini sering digunakan oleh para pengecer, strategi ini kami gunakan karena dapat memberikan pilihan harga pada konsumen terhadap satu produk yang sama bentuknya hanya merek dan kualitas yang membedakanya, begitupun dengan harganya yang bermacam-macam dari yang rendah, sedang, maupun harga yang tinggi. Hal ini akan memudahkan dalam pengambilan keputusan bagi konsumen untuk membeli dengan harga yang sesuai kemampuan keuangan mereka.
•    Odd-even Pricing
    Strategi selanjtunya yang kami gunakan adalah odd-even pricing, yaitu dengan menetapkan harga ganjil atau harga yang besarnya mendekati jumlah genap tertentu, contohnya harga pelumas motor Rp. 28.500 bagi sekelompok konsumen masih beranggapan harga tersebut masih berada dalam kisaran Rp. 20.000 an. Dengan ini dapat menarik konsumen yang lebih banyak.
b.    Metode Penetapan Harga Berbasis Biaya
•    Cost Plus Persentage of Cost Pricing
    Metode penetapan harga ini untuk menambahkan presentase tertentu terhadap biaya operasional. Misalnya dalam usaha ini menjual pelumas dengan harga Rp. 28.500 akan tetapi jika konsumen ingin sekaligus menggantinya maka biaya akan digenapkan menjadi Rp. 30.000 guna menutupi biaya karyawan.
c.    Metode Penetapan Harga Berbasis Laba
    Dalam metode penetapan harga berbasis laba ini, usaha kami menargetkan laba yang diterima melalui penjualan spare part, dan biaya-biaya operasional lain-lain seperti gaji karyawan di dapat dari jasa reparasi motor.
d.    Metode Penetapan Harga Berbasis Persaingan
    Untuk strategi penetapan harga dalam bersaing, usaha ini sedikit menurunkan harga dari para retail lainya, namun ada pula harga yang tinggi dari para retail lanya, ini guna menarik banyaknya konsumen dibandingkan mencari laba yang banyak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar