Translate

Jumat, 31 Mei 2013

STARTEGI MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA (SUMBER DAYA INSANI)


Pada usaha bengkel ini memandang penting peran SDM dalam memberikan kontribusi bagi kesuksesan bisnis perusahaan sehingga pengelolaan dan pengembangan asset sumber daya manusia merupakan bagian dari langkah strategis dalam upaya mencapai visi dan misi perusahaan. Program-program pengelolaan dan pengembangan SDM didasarkan pada standar kompetensi yang dibutuhkan untuk dapat bersaing dalam iklim bisnis yang kompetitif.
Langka–langkah dalam strategi manajemen sumber daya manusia :
1.       Penetapan struktur organisasi
 

1.       Penjelasan Job Deskripsi
a.       Pemilik : selaku pemilik, dan yang mengontrol jalanya usaha
b.      Sekertaris : pencatat data-data usaha, pemasukan pengeluaran barang,membuat, menerima surat masuk maupun keluar, menerima telepon, menyimpan arsip/surat, dan menyusun dan membuat jadwal kegiatan usaha.
c.  Manajer pemasaran : mendapatkan pelanggan atau konsumen, mempertahankan pelanggan, menanggapi persaingan usaha.
d.      Sales : mengantarkan barang, menjual barang, dibawah manajer pemasaran.
e.  Manajer keuangan : merencanakan dan menganalisa pembelanjaan perusahaan, menghitung pemasukan dan pengeluaran usaha, mengatur struktur aktiva, mengatur struktur finansial, membuat laporan keuangan (neraca, laporan laba/rugi, dan laporan perubahan modal)
f.        Administrasi : menerima uang masuk dari konsumen maupun pelanggan, penjaga kasir.
g.  Manajer SDM : rekrutmen tenaga kerja / recruitment, seleksi tenaga kerja/selection, pengembangan dan evaluasi karyawan.
h.      Pembinaan karyawan : membina karyawan pada teknisi motor
i.         Teknisi motor : menjalankan servise motor

1.       Syarat yang dimiliki masing-masing bagian
a.       Pemilik : modal, tempat usaha, dan pengalaman usaha.
b.      Sekertaris : memiliki wawasan dalam keseketariatan, bisa menjalankan Microsoft, mempunyai pengalaman.
c.       Manajer pemasaran : pendidikan terakhir S1, mempunyai keahlian dalam memasarkan barang, pengalaman kerja.
d.      Sales: niat kerja, jujur, amanat, dan bersungguh-sungguh.
e.      Manajer keuangan : pendidikan terakhir S1, mempunyai keahlian dalam bidang akutansi keuangan, pengalaman berorganisasi, dan pengalaman kerja.
f.        Administrasi : ujur, bisa dipercaya, dan bisa mengendalikan computer.
g.       Manajer SDM : pendidikan terakhir S1, mempunyai skil dalam SDM, penerimaan dan seleksi karyawan.
h.      Pembinaan karyawan : mampu membina karyawan, mempunyai skil khususnya dalam mereparasi motor, pegalaman kerja.
i.         Teknisi motor : mempunyai keahlian dalam mereparasi motor.
2.       Penetapan pengembangan SDM yang ada
Untuk pengembangan SDM, kami membuka berbagai program yaitu :
a.       Pelatihan Teknisi motor
Dengan pelatihan yang kami adakan di usaha kami ini guna untuk meningkatkan profesionalitas karyawan, khususnya pada bidang teknisi reparasi motor, ini yang sangat kami tekankan pada usaha kami, karena dari pelatihan ini dapat menghasilkan teknisi yang handal dan profesional.
b.      Strategi pelayanan pada konsumen/pelanggan
Memberikan penjelasan dan pelatihan pada seluruh karyawan, khususnya pada bagian karyawan yang berhadapan langsung menangani ara konsumen/pelanggan. Ini diharapkan para karyawan dapat lebih profesional menghadapi para konsumen/pelanggan.
c.       Evaluasi kerja
Melakukan evaluasi kerja bulanan untuk mengukur kualitas karyawan pada semua bidang pekerjaanya. Melakukan evaluasi harian apabila perlu dilakukan pada usaha ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar