Pada usaha bengkel ini memandang penting peran SDM dalam memberikan kontribusi bagi kesuksesan bisnis perusahaan sehingga pengelolaan dan pengembangan asset sumber daya manusia merupakan bagian dari langkah strategis dalam upaya mencapai visi dan misi perusahaan. Program-program pengelolaan dan pengembangan SDM didasarkan pada standar kompetensi yang dibutuhkan untuk dapat bersaing dalam iklim bisnis yang kompetitif.
Langka–langkah dalam strategi manajemen sumber daya manusia :
1. Penetapan struktur organisasi
1.
Penjelasan Job Deskripsi
a. Pemilik : selaku
pemilik, dan yang mengontrol jalanya usaha
b. Sekertaris : pencatat
data-data usaha, pemasukan pengeluaran barang,membuat, menerima surat masuk
maupun keluar, menerima telepon, menyimpan arsip/surat, dan menyusun dan
membuat jadwal kegiatan usaha.
c. Manajer pemasaran : mendapatkan
pelanggan atau konsumen, mempertahankan pelanggan, menanggapi persaingan usaha.
d. Sales : mengantarkan
barang, menjual barang, dibawah manajer pemasaran.
e. Manajer keuangan : merencanakan
dan menganalisa pembelanjaan perusahaan, menghitung pemasukan dan pengeluaran
usaha, mengatur struktur aktiva, mengatur struktur finansial, membuat laporan
keuangan (neraca, laporan laba/rugi, dan laporan perubahan modal)
f. Administrasi : menerima uang masuk dari konsumen maupun
pelanggan, penjaga kasir.
g. Manajer SDM : rekrutmen
tenaga kerja / recruitment, seleksi tenaga kerja/selection, pengembangan dan
evaluasi karyawan.
h. Pembinaan karyawan :
membina karyawan pada teknisi motor
i.
Teknisi motor : menjalankan servise motor
1.
Syarat yang dimiliki
masing-masing bagian
a. Pemilik : modal,
tempat usaha, dan pengalaman usaha.
b. Sekertaris : memiliki
wawasan dalam keseketariatan, bisa menjalankan Microsoft, mempunyai pengalaman.
c. Manajer pemasaran :
pendidikan terakhir S1, mempunyai keahlian dalam memasarkan barang, pengalaman
kerja.
d. Sales: niat kerja, jujur, amanat, dan bersungguh-sungguh.
e. Manajer keuangan : pendidikan
terakhir S1, mempunyai keahlian dalam bidang akutansi keuangan, pengalaman
berorganisasi, dan pengalaman kerja.
f.
Administrasi : ujur, bisa dipercaya, dan bisa
mengendalikan computer.
g. Manajer SDM : pendidikan
terakhir S1, mempunyai skil dalam SDM, penerimaan dan seleksi karyawan.
h. Pembinaan karyawan :
mampu membina karyawan, mempunyai skil khususnya dalam mereparasi motor,
pegalaman kerja.
i.
Teknisi motor : mempunyai keahlian dalam mereparasi
motor.
Untuk pengembangan SDM, kami membuka berbagai
program yaitu :
a. Pelatihan Teknisi
motor
Dengan pelatihan yang kami adakan di usaha kami ini guna untuk meningkatkan
profesionalitas karyawan, khususnya pada bidang teknisi reparasi motor, ini
yang sangat kami tekankan pada usaha kami, karena dari pelatihan ini dapat
menghasilkan teknisi yang handal dan profesional.
b. Strategi pelayanan
pada konsumen/pelanggan
Memberikan penjelasan dan pelatihan pada seluruh karyawan, khususnya pada
bagian karyawan yang berhadapan langsung menangani ara konsumen/pelanggan. Ini
diharapkan para karyawan dapat lebih profesional menghadapi para
konsumen/pelanggan.
c. Evaluasi kerja
Melakukan evaluasi kerja bulanan untuk mengukur kualitas karyawan pada
semua bidang pekerjaanya. Melakukan evaluasi harian apabila perlu dilakukan pada
usaha ini.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar