Sebuah
perusahaan jasa sebisa mungkin dapat memberikan jasa yang berkualitas tinggi
secara konsisten dan kontinyu dibandingkan dengan pesaing, dalam rangka
memenuhi harapan pelanggan. Usaha jasa terbilang cukup rumit dan sangat
kompleks dari pada barang yang mempunyai wujud konkrit, sehingga menyulitkan
seseorang untuk mengidentifikasinya dalam waktu yang singkat.
A.
Tangibles (bentuk fasik
fisik)
penampilan
dan kemampuan sarana prasarana fisik harus dapat diandalkan. Tersedianya
fasilitas fisik, perlengkapan, dan sarana komunikasi serta yang lainnya dapat
dan harus ada dalam proses jasa. Atributnya yaitu :
1. Teknologi yang modern, yaitu
pelaksanaan teknologi yang modern menjadikan service motor yang lebih baik, dan
lebih cepat.
2. Fasilitas ruang yang rapi, yaitu
fasilitas ruang tunggu dan ruang penjualan spare part yang tertata rapi,
sehingga para pelanggan tidak merasakan kebosanan dalam menunggu proses
reparasi motor dan tidak terganggu dengan kebisingan suara reparasi motor. Begitu
juga pada ruang penjualan spare part yang tertata rapi sesuai dengan
tempat-tempat penjualan tertentu.
B.
Realibility (kehandalan)
Berkaitan
dengan kemampuan kinerja perusahaan untuk memberikan kepercayaan pada seluruh
konsumen maupun pelanggan, usaha bengkel ini menyampaikan jasa yang diberikan
kepada konsumen sejak awal dengan benar, sesuai dengan janji awal perusahaan,
yaitu :
1.
memberikan pelayanan yang
terbaik, yaitu pelayanan yang baik dengan bersenyum.
2.
kualitas servise bagus
dengan teknisi yang handal dan sungguh-sungguh, yaitu para teknisi sebelumnya
di ikut sertakan dalam pelatihan tentang otomotif agar lebih mendalam ilmu yang
di dapatkanya.
3.
bekerja tepat waktu, dan
kualitas dapat dipercaya, yaitu para karyawan diharuskan bekerja dengan
semaksimal mungkin sesuai batas-batas yang telah ditentukan.
C.
Responssivenes (daya
tanggap)
yaitu
kesediaan dan kesiapan para karyawan untuk membantu para pelanggan dan
menyampaikan jasa secara cepat. Adapun responssivitas dari usaha ini yaitu :
1.
kecepatan dan ketepatan
pelayanan pada pelanggan dari pelayanan service maupun penjualan spare part.
D.
Assurance (jaminan)
yakni
perilaku para karyawan mampu menumbuhkan kepercayaan pelanggan terhadap
perusahaan dan perusahaan bisa menciptakan rasa aman bagi para pelanggannya. Jaminan
juga berarti bahwa para karyawan selalu bersikap sopan dan menguasai
pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan untuk menangani setiap pertanyaan
atau masalah pelanggan. Jaminan dari usaha ini adalah :
1.
Pengetahuan karyawan
teknisi tentang semua masalah kerusaka pada motor.
2.
Pengetahuan karyawan
tentang kualitas spare part.
3.
Pelayanan yang sopan dan
ramah.
4.
Kualitas pekerjaan yang
terbaik.
Dari
unsur-unsur jaminan tersebut diharapkan terjadi timbal balik terhadap konsumen
untuk kembali datang pada usaha kami ini.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar