Translate

Senin, 27 Mei 2013

Kualitas Jasa



Sebuah perusahaan jasa sebisa mungkin dapat memberikan jasa yang berkualitas tinggi secara konsisten dan kontinyu dibandingkan dengan pesaing, dalam rangka memenuhi harapan pelanggan. Usaha jasa terbilang cukup rumit dan sangat kompleks dari pada barang yang mempunyai wujud konkrit, sehingga menyulitkan seseorang untuk mengidentifikasinya dalam waktu yang singkat.
A.      Tangibles (bentuk fasik fisik)
penampilan dan kemampuan sarana prasarana fisik harus dapat diandalkan. Tersedianya fasilitas fisik, perlengkapan, dan sarana komunikasi serta yang lainnya dapat dan harus ada dalam proses jasa. Atributnya yaitu :
1.   Teknologi yang modern, yaitu pelaksanaan teknologi yang modern menjadikan service motor yang lebih baik, dan lebih cepat.
2.   Fasilitas ruang yang rapi, yaitu fasilitas ruang tunggu dan ruang penjualan spare part yang tertata rapi, sehingga para pelanggan tidak merasakan kebosanan dalam menunggu proses reparasi motor dan tidak terganggu dengan kebisingan suara reparasi motor. Begitu juga pada ruang penjualan spare part yang tertata rapi sesuai dengan tempat-tempat penjualan tertentu.
B.      Realibility (kehandalan)
Berkaitan dengan kemampuan kinerja perusahaan untuk memberikan kepercayaan pada seluruh konsumen maupun pelanggan, usaha bengkel ini menyampaikan jasa yang diberikan kepada konsumen sejak awal dengan benar, sesuai dengan janji awal perusahaan, yaitu :
1.       memberikan pelayanan yang terbaik, yaitu pelayanan yang baik dengan bersenyum.
2.       kualitas servise bagus dengan teknisi yang handal dan sungguh-sungguh, yaitu para teknisi sebelumnya di ikut sertakan dalam pelatihan tentang otomotif agar lebih mendalam ilmu yang di dapatkanya.
3.       bekerja tepat waktu, dan kualitas dapat dipercaya, yaitu para karyawan diharuskan bekerja dengan semaksimal mungkin sesuai batas-batas yang telah ditentukan.
C.      Responssivenes (daya tanggap)
yaitu kesediaan dan kesiapan para karyawan untuk membantu para pelanggan dan menyampaikan jasa secara cepat. Adapun responssivitas dari usaha ini yaitu :
1.       kecepatan dan ketepatan pelayanan pada pelanggan dari pelayanan service maupun penjualan spare part.
D.      Assurance (jaminan)
yakni perilaku para karyawan mampu menumbuhkan kepercayaan pelanggan terhadap perusahaan dan perusahaan bisa menciptakan rasa aman bagi para pelanggannya. Jaminan juga berarti bahwa para karyawan selalu bersikap sopan dan menguasai pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan untuk menangani setiap pertanyaan atau masalah pelanggan. Jaminan dari usaha ini adalah :
1.       Pengetahuan karyawan teknisi tentang semua masalah kerusaka pada motor.
2.       Pengetahuan karyawan tentang kualitas spare part.
3.       Pelayanan yang sopan dan ramah.
4.       Kualitas pekerjaan yang terbaik.
Dari unsur-unsur jaminan tersebut diharapkan terjadi timbal balik terhadap konsumen untuk kembali datang pada usaha kami ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar